"Indonesia, tanah air beta"

/ Senin, 16 Agustus 2010 /
"Indonesia tanah air beta
pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
tetap di puja-puja bangsa"
***
Tiba-tiba rasanya bangga menyanyikan lagu itu. Saya bangga berada di Indonesia. Dengan segala budayanya dan keanekaragaman suku bahasa. Meski lengkap juga dengan kecarutmarutan pemerintahannya :D yang tentu saja sampai saat ini belum memiliki tanda-tanda adanya kesadaran untuk berbenah diri.

Kadang saya merasa kesal saat orang-orang Indonesia sendiri berkata lebih memilih tinggal di luar negri yang menurut mereka berjuta-juta kali lebih indah dari pada Indonesia. Atau kepada mereka yang kerap menjelek-jelekkan negara ini, meremehkannya, atau kadang malah mencaci negara mereka sendiri. Saya kecewa. Jujur saja sebagai anak remaja yang masih mengenyam bangku sekolah, saya memiliki keinginan sendiri untuk lebih memajukan Indonesia meskipun--tidak mau bersikap munafik--saya masih kerap mengabaikan hal-hal kecil untuk menghormati negara saya sendiri.

Contoh yang paling sederhana saja; apa saya tahu persis sejarah bangsa negara ini? Apa saya dapat dengan fasih menyebutkan nama-nama pahlawan-pahlawan Indonesia? Atau yang paling sederhana, apakah saya bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya dari awal hingga akhir (faktanya lagu Indonesia Raya terdiri dari tiga bait).

Lalu bandingkan dengan yang ini; apakah saya tahu dan bisa mengingat dengan jelas tentang bagaimana urutan adegan film yang saya tonton? Apakah saya bisa menyebutkan dengan fasih nama-nama artis baik dalam maupun luar negri berikut dengan kelebihan dan kekurangan mereka? Atau dapatkah saya menyanyikan lagu-lagu kesukaan saya dengan runtut dan tanpa harus bersusah payah mengingatnya?

Saya dan Anda, perlu lebih banyak lagi belajar mencintai tanah yang kita pijak saat ini. Tanah yang hingga 65 tahun yang lalu dibela mati-matian oleh para pahlawan yang bermental baja. Perlu bagi kita untuk kembali menyanyikan lagi lagu Indonesia Raya dengan nafas yang berpacu cepat karena rasa bangga.

Menghormati dari hati dan mengembalikan semangat persatuan yang hingga kini semakin memudar.

Dirgahayu Indonesia ke-65. Jika kita bersama, saya yakin kita akan jauh lebih kokoh dari pada sebelumnya :)

16-Agustus-2010
Chrysanta Aurelia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Jump and fly., All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger